Saturday, February 23, 2013

IKRAR PELAJAR KOTA PROBOLINGGO



IKRAR PELAJAR PROBOLINGGO di SMAK MATER DEI
Senin, 18 Februari 2013 di Halaman Depan SMAK Mater Dei Probolinggo diadakan apel Ikrar Bersama Pelajar Kota Probolinggo. Apel yang berlangsung pukul 07.00-08.30 ini diadakan atas kerjasama dengan Kepolisian Resor Probolinggo Kota. Pembacaan Ikrar Pelajar Kota Probolinggo dipandu langsung oleh Eduardo Yoga Aditama, Ketua OSIS SMAK Mater Dei. Demikian isi Ikrar Pelajar Kota Probolinggo:
1.       Kami Para Pelajar Kota Probolinggo, selalu menjaga serta meningkatkan keamanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.       Kami Para Pelajar Kota Probolinggo, sanggup berpartisipasi aktif untuk membantu menanggulangi segala bentuk gangguan KAMTIBMAS yang ada di lingkungan sekolah
3.       Kami Para Pelajar Kota Probolinggo, sanggup mencintai perdamaian, tidak menyukai kekerasan dan anti tawuran dengan sesama pelajar, menolak minuman keras serta penyalahgunaan narkoba.
4.       Kami Para Pelajar Kota Probolinggo, bertekad menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif serta sanggup menjalin persahabatan dengan sesama pelajar.
5.       Kami Para Pelajar Kota Probolinggo, senantiasa mentaati peraturan dan tata tertib di sekolah maupun di masyarakat.
Dalam sambutannya, AKBP Tulus Iklas Pamudji selaku Kapolres Probolinggo Kota menuturkan keprihatinannya terhadap moralitas Generasi muda yang makin merosot. Ia mengaharapkan agar pelajar mulai menyadari jati dirinya sebagai penerus masa depan bangsa dan mampu mengisi kegiatan dengan kegiatan yang positif, tidak berhenti belajar dan berprestasi.
 Apel yang dihadiri oleh lebih dari 400 siswa dan bapak ibu guru serta karyawan SMAK Mater Dei ini dilanjutkan dengan acara kesepakatan bersama dalam bentuk tanda tangan masal di bentangan kain yang telah disediakan. Selain itu juga diadakan MOU Ikrar Pelajar Kota Probolinggo antara kepala sekolah SMAK Mater Dei, Sr.M.Stefina, SPM dengan Walikota Probolinggo, HM. Buchori.
Tidak cukup dengan itu, para pelajar yang kendaraan bermotornya menyalahi aturan lalu lintas membuat surat pernyataan dibantu pihak kepolisian, mereka berjanji akan mentaati peraturan lalu lintas yang ada dan mengembalikan kendaraan yang telah dimodifikasi ke bentuk standart.
“Kegiatan ini baru pertama kali diadakan di SMAK Mater Dei dan cukup mendapat dukungan dari para siswa sendiri, terbukti dengan tingginya animo siswa untuk turut berpartisipasi membubuhkan tanda tangannya, bahkan sampai memenuhi sisi belakang kain,” ujar Eduardo Yoga Aditama.
“Pada nantinya akan diadakan pengawasan yang berkelanjutan di sekolah-sekolah melalui apel rutin dan kerjasama dengan pihak sekolah agar pelaksanaan isi ikrar pelajar dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan dan 4 pilar kebangsaan dapat ditegakkan sejak dini, sejak bangku sekolah. Partisipasi masyarakat khususnya untuk usaha perbaikan amat dibutuhkan dan dalam hal ini dilaksanakan melalui tangan para pelajar sendiri,” ujar Kapolres Probolinggo.
“Sebagai bentuk apresiasi dari ikrar pelajar ini, kami dan dewan guru akan berusaha mengingatkan dan menggiatkan para siswa agar mentaati apa yang telah mereka ikrarkan. Semoga semuanya berjalan sesuai yang diharapkan,” lanjut Suster Kepala Sekolah SMAK Mater Dei. (Bryan)

No comments:

Post a Comment